Crime Squad (Drama - 2011)


  • Title: 강력반 / Kangryukban
  • Also known as: Homicide, Detectives in Trouble
  • Genre: Action, crime, police
  • Episodes: 16
  • Broadcast network: KBS2
  • Broadcast period: 2011-Mar-07 to 2011-Apr-??
  • Air time: Monday & Tuesday 21:55 
  • Chief Producer: Jung Hae Ryong
  • Producer: Yoon Sung Shik (윤성식), Lee Eun Jin (이은진)
  • Director: Kwon Gye Hong
  • Screenwriter: Park Sung Jin (박성진), Heo Ji Young (허지영) 

Cast

  • Song Il Gook as Park Se Hyuk
  • Lee Jong Hyuk as Jung Il Do
  • Song Ji Hyo as Jo Min Joo
  • Park Sun Young as Heo Eun Young
  • Jang Hang Sun as Team Leader Kwon Young Sool
  • Sung Ji Roo as Nam Tae Shik
  • Sun Woo Sun as Jin Mi Sook
  • Kim Joon as Shin Dong Jin
 Ini dia drama terbaru Song Ji Hyo yang udah lama aku tunggu-tunggu. Genre drama ini adalah action dan crime. Sebenernya type drama kaya gini sama sekali bukan typeku. Tapi karena ada Song Ji Hyo disini akhirnya aku tonton juga. Walau drama ini minim sekali dengan adegan romance atau sedikit banget love storynya, tapi aku tetep suka, malah jadi ketagihan. Pengen tau serunya kaya apa? Ini dia aku ceritain.

Semua berawal dari sebuah insiden penembakan yang dilakukan oleh anggota polisi terhadap pelaku kejahatan yang sedang dikejarnya. Polisi itu menembak sang kriminal yang sedang mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Alhasil, kriminal itu mati tertembak dan mobil yang dikendarainya menabrak sebuah restoran. Akibatnya dua warga sipil yang saat itu barada di restoran tersebut tewas. Dua korban tersebut adalah seorang anak kecil bernama Hye In dan seorang wanita muda.

Park Se Hyuk adalah ayah dari Hye In, salah satu korban insiden tersebut. Sejak kematian anak kesayangannya yang sekaligus anak satu-satunya itu, hidupnya bagai di neraka. Istrinya pun menyalahkannya atas kematian anaknya dan meminta cerai. Park Se Hyuk bertekad untuk menyelidiki insiden tersebut apakah memang kejadian tersebut murni kecelakaan atau ada faktor kesengajaan atau motif tersembunyi dibalik itu semua. Untuk itulah ia berhenti menjadi guru dan beralih profesi menjadi polisi.

Park Se Hyuk ditempatkan di kantor polisi wilayah Gangnam dan menjadi bagian dari Team Khusus. Sempat ia merasa putus asa dan ingin berhenti dari kepolisian karena selama bertahun-tahun ia menjadi polisi ia belum juga menemukan jawaban atas kematian anaknya. Sampai akhirnya kator polisi tersebut kedatangan seorang kepala polisi baru yang bernama Jung Il Do. Jung Il Do adalah polisi yang dulu melakukan insiden penembekan beberapa tahun lalu. Ketika ditanya oleh Park Se Hyuk mengenai kejadian tersebut, Jung Il Do menjawab memang sudah seharusnya ia menembak kriminal kalau tidak akan ada lebih banyak korban dan ia tidak menyesalinya, bahkan jika kejadian itu dapat diulang dikembali, Jung Il Do mengatakan bahwa ia akan tetap melakukan hal yang sama. Mendengar  jawaban itu, rasa benci Park Se Hyuk pada Jung Il Do semakin memuncak. Namun ia tetap akan menyelidiki lebih dalam tentang kejadian itu karena menurutnya ada sesuatu yang disembunyikan Jung Il Do dibalik insiden penembakan tersebut.

Sekarang kita beralih ke Jo Min Joo. Jo Min Joo adalah seorang wartawati dari sebuah majalah online bernama shocking.com. Awalnya ia melakukan pekerjaannya sebagai wartawan hanya untuk menjalankan tugas yang diperintahkan oleh atasannya yang menyuruhnya untuk mencari berita gossip selebritis dan mengambil foto-foto mereka. Namun setelah ia menjalani profesi tersebut, ia lebih memahami tujuan dari profesinya yaitu memberikan informasi mengenai kebenaran, bukan sekedar berita omong kosong yang dilebih-lebihkan agar rating shocking.com meningkat.

Berita yang Jo Min Joo ingin cari kebanyakan berhubungan dengan kriminalitas. Misalnya berita mengenai artis yang melakukan penipuan dan dibawa ke kantor polisi, atau berita mengenai seleb yang melakukan oplas namun ternyata dokter bedahnya ditemukan telah terbunuh, atau berita mengenai pertunjukkan balet berjudul romeo dan juliet dan pemeran juliet mati ditengah pertunjukkan setelah minum racun. Kasus-kasus seperti inilah yang menjadikan Jo Min Joo sering bertemu dengan Park Se Hyuk sampai akhirnya mereka menjadi dekat.

Jo Min Joo pernah menuliskan artikel mengenai kinerja kepolisian yang bekerja 24 jam untuk mencari kebenaran. Dan karena artikel tersebutlah Jo Min Joo ditugaskan untuk terus meliput kasus-kasus yang ditangani oleh polisi. Makanya kini tiap ada kasus, Jo Min Joo selalu ikut serta dalam penyelidikan. Bahkan tidak jarang ia juga ikut andil dalam penyelidikan tersebut.

Terus gimana kelanjutannya? Nonton ja sendiri ya. Di Korea sendiri juga lom tamat.

Jangan ngebayangin ini seperti dorama Jepang yang alurnya cepat, 1 kasus 1 ep. Kalo di drama ini 1 kasus itu sekitar 2-3 ep. Tapi nggak berbelit-belit kok, malah seru, kaya lagi baca komik conan, kita juga ikut diajak menebak kira-kira siapa plakunya, motifnya apa, dan cara si pelaku melakukan tindakan kejahatannya. Seru deh. Dan bagusnya lagi, drama ini tidak segan-segan mematikan tokoh penting atau termasuk tokoh utama dalam drama ini. Di pertangahan drama ini kita akan dikejutkan dengan kematian salah seorang anggota tim khusus demi menyelamatkan seorang siswi.

Bagus deh pokoknya. Tunggu ja ya DVDnya beredar dilapak. Kalo udah ada, langsung dibeli ya, hehe........