10 ton koin dilemparkan ke Cheonggyecheon selama 6 tahun.

Cheonggyecheon stream itu seperti sungai buatan yang mengalir di tengah kota Seoul. Dulu wilayah ini adalah jalan aspal. Tapi sejak th 2003, mantan Walikota Seoul yang sekarang Presiden, Lee Myung Bak mengembalikan lokasi ini jadi sungai kecil lagi seperti sekarang.

Lee sangat jeli dan ternyata lokasi ini telah lama menjadi daya tarik wisata di kota Seoul. Kebersihan yang terjaga membuat Cheonggyecheon stream sering dijadikan lokasi piknik masyarakat atau sekedar jalan2 setelah sehari kerja.

Oktober 2005, pengelola membangun kolam harapan saat restorasi sungai. Dan sejak itu ada 1,07 juta koin telah dilemparkan ke dalam kolam. Koin yang dikumpulkan panjangnya mencapai 2,5 km dan beratnya 10 ton lebih, menurut Seoul Metropolitan Facilities Management Corp.

Quite romantic, isn't it?

Jadi selama 6th ini, mereka sudah mengumpulkan lebih dari 68,73 juta Won hanya dari koin2 itu.

Tahun lalu, mereka mengumpulkan 214 macam koin dari seluruh dunia. Total 32,04 juta Won. 3,4 kali lebih banyak dari tahun sebelumnya.
Diantara koin2 itu, 5.612 koin (terbesar) berasal dari Yen Jepang, 5.041 dari Thailand, 3.934 dari China dan 2.444 dari Amerika Serikat. I wonder..ada yang dari Indonesia ngga ya?

Mereka akan menyumbangkan dana yang diperoleh dari kolam ini untuk sosial. Koin yang terkumpul tahun lalu sudah diserahkan pada Community Chest of Korea dan UNICEF.

Menurutku ini hebat, mereka bahkan sampai menghitung koin secara mendetil dan ada laporan diserahkan ke mana saja. Bahaya kalau Tuan Krab tahu, ia pasti buru-buru nyemplung ke kolam untuk kumpulin koin.

Source : Hancinema